Kuliah Sembari Kerja? Ini Jurus Rahasianya!


Apakah pernah terbesit dalam benak Anda keinginan untuk bekerja sembari kuliah? Banyak sekali motivasi di balik keinginan itu—bisa untuk menambah uang jajan, mencari pengalaman kerja, ataupun membantu orang tua untuk meringankan biaya kuliah.
Meski begitu, apapun motivasi Anda, tentu saja kuliah dibarengi bekerja punya tantangan sendiri. Berikut tips sekaligus bahan pertimbangan penting bagi Anda yang berencana untuk bekerja di tengah kesibukan kuliah Anda:
  1. Sesuaikan jadwal
Jika Anda masih mengambil banyak mata kuliah atau SKS (satuan kredit semester), tentu saja akan lebih baik jika Anda bekerja paruh waktu (part time) di perusahaan yang membebaskan Anda mengatur sendiri shift atau jam kerja. Anda juga bisa mempertimbangkan pekerjaan freelance yang memungkinkan Anda untuk bekerja secara remote.
Sebaliknya, jika mata kuliah yang Anda ambil terbilang sedikit atau Anda hanya tinggal mengerjakan skripsi, Anda bisa mulai mempertimbangkan bekerja full time. Apa lagi, saat ini sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan magang (internship) bagi mahasiswa semester akhir. Anda bisa mencari informasi lowongan kerja di berbagai perusahaan yang sesuai dengan minat Anda di website semacam Studentjob.id atau KampusUpdate.
  1. Komunikasi dengan calon atasan
Pada saat wawancara, Anda harus jujur kepada calon atasan Anda bahwa Anda masih kuliah. Dengan begitu, mereka bisa mengatur waktu kerja yang sesuai untuk Anda. Mereka pun akan mengerti jika sewaktu-waktu Anda perlu ijin untuk mengurus administrasi perkuliahan, bertemu dosen pembimbing, maupun mengikuti ujian. Dengan jujur, Anda tak perlu pusing mencari alasan atau terpaksa berbohong setiap kali ada urusan kuliah yang penting.
  1. Siapkan mental
Percayalah, pasti ada saatnya perkuliahan memakan energi dan emosi Anda. Bayangkan jika terdapat permasalahan sekaligus di tempat kerja dan kuliah. Jika itu terjadi, Anda pasti merasa tertekan dan stress, sehingga sulit untuk menjaga produktivitas ataupun mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun tugas kuliah.
Jika Anda belum siap mental untuk menghadapi stress, pasti Anda akan sulit menjalani keduanya. Maka, pastikan Anda sudah benar-benar siap dan memiliki kemampuan mengelola stress yang baik sebelum menekuni perkuliahan dan pekerjaan.
  1. Biasakan hidup teratur
Ini merupakan salah satu tantangan terbesar untuk Anda. Bekerja otomatis akan mengurangi waktu Anda untuk belajar, mengikuti kegiatan organisasi kampus, ataupun mengerjakan tugas dan skripsi. Pastikan Anda bisa menjadwalkan semua kegiatan Anda dengan baik dan melaksanakan semuanya. Jangan biasakan menunda-nunda kewajiban kuliah maupun pekerjaan. Jangan pula lupa untuk menjaga kesehatan dengan makan teratur dan cukup beristirahat.
Nah, sekarang, sudah siap kuliah sambil bekerja?

Comments

Popular posts from this blog

Tips Sukses Interview untuk Si Introvert